Pembukaan MPLS GSG UNILA

BANDAR LAMPUNG — Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D, membuka masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), di GSG Universitas Lampung, Senin (15/7/2019).

MPLS mengambil tema Generasi Cerdas dan Bermoral adalah Modal Utama Menuju Lampung Berjaya, itu diikuti sekitar 3.000 siswa baru tahun pelajaran 2019/2020, berasal dari perwakilan SMA/SMK di Lampung.
Kegiatan ini juga diiikuti perwakilan dari seluruh SMK dan SMA yang ada di bandar Lampung, termasuk SMA negeri 7 mengirim 20 siswa siswi dan orang tua wali murid sebagai perwakilan dari sekolah. Dalam kesempatan ini juga ditunjuk 2 orang siswa SMA negeri 7 Bandar lampung dan perwakilan sekolah lain untuk mewakili penyematan tanda peserta secara simbolis oleh wakil gubernur Lampung.

Wakil Gubernur saat menyapa, meminta para siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar dengan sungguh-sungguh, serta memperkaya pengetahuan diri melalui literasi, terlebih di era revolusi industri 4.0.

Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D, diiringi Kepala Disdikbud Lampung Drs. Sulpakar, M.M, memasuki GSG Unila, guna membuka MPLS SMA/SMK 2019.
Informasi yang begitu cepat dan serba digital, masyarakat dituntut beradaptasi. Dalam memperoleh informasi seperti era saat ini menurutnya tidak begitu sulit, karena fasilitas pendukung tersedia dengan mudah.

“Perkembangan informasi begitu cepat harus ditangkap kita dengan bijak. Ini kesempatan buat anak-anakku semua untuk memperkaya pengetahuan salah satu melalui literasi,” ujar dia disambut tepuk tangan peserta MPLS itu.

Sekitar 3.000 siswa baru SMA/SMK di Lampung, saat mengikuti MPLS 2019, di GSG Unila.
Selain itu, dia juga meminta kepada siswa untuk mengedepankan sikap akhlak dan kompetensi. “Sikap baik ini akan berguna bagi kehidupan generasi mendatang, guna mewujudkan cita-cita yang diimpikan,” kata dia.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M mengatakan, MPLS merupakan sarana mengenalkan sekolah kepada siswa, sebelum mengikuti proses belajar.

MPLS mampu menumbuhkan perilaku positif, menghormati perbedaan, meningkatan kedisiplinan, integeritas, dan gotong royong. “MPLS tidak sekedar memberi materi, namun membuat siswa bersemangat belajar,” katanya.

Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D, didampingi Kepala Disdikbud Lampung Drs. Sulpakar, M.M, serta perwakilan TNI, Polri, dan BNN, mengikuti deklarasi anti narkoba, saat MPLS SMA/SMK.
Saat MPLS, menurutnya siswa diberi materi pentingnya menjauhi narkotika dan obat-obatan oleh BNN, pencegahan bullying serta pengenalan undang-undang informasi dan transaksi elektronik oleh Polda Lampung.

“Tidak hanya itu, saat MPLS siswa juga diberi materi terkait dampak buruk dari perbuatan korupsi oleh Kejaksaan Tinggi Lampung dan pendidikan karakter,” ujar mantan Pj Wali Kota Bandar Lampung itu.